Apakah Ateis dapat Membuktikan bahwa Tuhan Tidak Ada?


Tidak ada alasan mengapa kita harus mempercayai Tuhan Ibrahim dibanding mempercayai dewa-dewa seperti Zeus, Apollo, atau Ra.
Mari kita balik pertanyaan, apakah Anda dapat membuktikan bahwa Zeus tidak ada? Tidak bisa bukan? Lantas kenapa Anda tidak percaya Zeus?
Ingat, beban untuk membuktikan eksistensi Tuhan berada di pundak orang-orang yang mempercayainya. Sebaliknya, ateis tidak punya beban untuk membuktikan atau tidak membuktikan apapun. Karena ateis memang tidak mempercayai hal-hal seperti itu.
Di lain sisi, terserah saja jika Anda hendak mempercayai sesuatu hanya karena Anda tidak bisa membuktikan bahwa sesuatu itu tidak ada. Ini sama seperti Anda harus percaya bahwa di pluto ada gajah yang besarnya setinggi pohon kelapa. Anda harus mempercayainya karena Anda tidak dapat membuktikan bahwa makhluk itu tidak eksis.
Tapi tentu Anda tidak percaya karena ini sesuatu yang tidak logis. Lantas kenapa Anda percaya saat dikatakan di suatu tempat yang tidak kita ketahui ada Sesuatu yang asal usulnya tidak kita ketahui, selalu mengawasi kita dengan cara yang tidak kita ketahui, dan sesuatu itu disebut Tuhan?
Mengapa harus percaya dengan sesuatu yang mengandung begitu banyak kata “tidak kita ketahui”?  Sesuatu yang tidak bisa dijelaskan?

Add New Reply: