Apa Definisi Ateisme?

Apa Definisi Ateisme?
Berbagai kamus umumnya mendefinisikan ateisme sebagai “percaya atas ketidakadaan Tuhan” atau “penolakan terhadap Tuhan”. Sebagian kamus malah mendefinisikan lebih jauh dengan menyebut ateisme sebagai “sesuatu yang jahat, berdosa atau tak bermoral”. Sebagian yang lain mendefinisikan ateisme sebagai “doktrin bahwa Tuhan tidak ada”.
Untuk kasus ateisme, penggunaan kata ‘doktrin’ dan ‘penolakan’ sebenarnya tidaklah tepat. Ateisme tidak memiliki doktrin sama sekali. Ateisme bukan pula merupakan penolakan atas keberadaan Tuhan. Penolakan berarti ‘ketidakmauan untuk percaya’.
Ateisme tidak menganggap bahwa ‘di dunia ini sebenarnya ada Tuhan, tapi lantas Tuhan itu ditolak. Bersikap seperti ini akan seperti Anda tahu bahwa Big Foot itu ada tapi Anda tetap menolak keberadaannya.
Jika adanya Tuhan dapat dibuktikan dan ateis tetap menolak untuk percaya, maka ini disebut tindakan penolakan. Pada kenyataannya, ateisme percaya bahwa Tuhan tidak ada, jadi tidak ada yang perlu ditolak. Tidak perlu menolak sesuatu yang memang tidak ada.
Kata ateisme sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘atheos’, yang berarti ‘tanpa Tuhan’. Asal kata ini tidak pernah menyebutkan tentang ‘tidak percaya’ atau ‘penolakan’. Sekali lagi, sesuatu yang tidak ada tidak perlu  ditolak.
Dikutip dari Atheismyth oleh Blair Scott

Add New Reply: